Profil Yaya Toure "Sang Manusia Kereta"

11:33
Profil Yaya Toure "Sang Manusia Kereta" 


(c) wallucky.com


Profil Yaya Toure nama lengkapnya Gnégnéri Yaya Touré atau biasa dipanggil Yaya Toure adalah seorang pesepakbola kelahiran Bouake, Pantai Gading tepatnya tanggal 13 Mei 1983. Ia sering dijuluki oleh para fans maupun media sebagai Sang Manusia Kereta atau "Human Train". Yaya Toure sendiri adalah adik dari sesama pesepakbola Kolo Toure, Yaya Toure sekarang bermain untuk Manchester City dan Timnas Pantai Gading.

Dimasa kecil Yaya sudah bercita-cita sebagai seorang pesepakbola namun pada saat itu Yaya ingin sekali menjadi seorang Striker dan pernah juga bermain sebagai bek di masa dewasanya bersama Barcelona beberapa tahun yang lalu. Toure sering memainkan peran sebagai gelandan box-to-box untuk klub serta negaranya dari posisis awal gelandang bertahan seketika menjadi gelandang serang yang jitu.

Yaya Toure memulai karir di sepak bola dari klub lokal pantai gading, yaitu ASEC Mimosas, dimana ia memulai debutnya menginjak usia 18 tahun. Yaya Toure juga dikenal sebagai salah satu ikon sepakbola afrika karena ia sudah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Afrika selama 4 kali berturut-turut yakni mulai tahun 2011,2012,2013 dan 2015. Bukan tidak mungkin Yaya Toure akan menyabet penghargaan ini kembali di tahun 2015 karena performa Yaya Toure yang stabil.

Lanjut cerita masa muda, penampilannya bersama ASEC Mimosas menarik sejumlah pemandu bakat klub-klub eropa, hasilnya Yaya Toure pun memutuskan bermain di Eropa. Beberapa klub yang telah menggunakan jasanya antara lain Beveren di Belgia (2001-2003), Metalurh Donetsk di Ukraina (2003-2005), Olympiakos di Yunani (2005-2006), AS Monaco di Perancis (2006-2007), kemudian Yaya Toure pun direkrut Barcelona. Di Barcelona Yaya terbilang sukses total ia memainkan lebih dari 100 caps bersama FC Barcelona dan menjadi bagian dari sejarah Barcelona tahun 2009 yang memenangkan 6 Trofi dalam setahun.

Kemudian setelah membela barcelona selama 3 tahun, Yaya pindah ke Premier League bersama Klub Manchester City pada tahun 2010, dan ia langsung menjadi gelandang andalan The Citizen dan beberapa kali mencetak gol-gol penting untuk Manchester City. Yaya Toure sejauh ini telah mencatatkan 82 Caps untuk Timnas Pantai Gading. Yaya telah bermain di 3 Piala Dunia berbeda yakni Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014. Yaya Toure dan Kolo Toure sempat bermain bersama untuk Manchester City selama 3 Tahun, sebelum Kolo pindah ke liverpool tahun 2013.

Berikut Profil Yaya Toure



Profil Awal Karir Yaya Toure
(c) Captured Footy
Seperti sudah dibahas di awal Yaya Toure mengawali karirnya di akademi ASEC Mimosas pada tahun 1996 atas rekomendasi pelatih lamanya Patrick Van Reijendam. Seorang tokoh penting akademi ASEC Jean-Marc Guillou yang kebetulan menanamkan modal usaha untuk klub Belgia, Beveren mengajak para pemain pantai gading untuk bermain di eropa. Yaya Toure menjadi salah satu pemain yang direkrut oleh Beveren tahun 2001, pada tahun 2003 dia adalah salah satu dari kumpulan 14 pemain pantai gading yang direkrut oleh Beveren.

Pada musim panas tahun 2003, Yaya Toure mencoba untuk trial bersama dengan Arsenal. Dia memulai pra-musim dengan melakoni laga persahabatan melawan Barnet pada tanggal 19 juli, Yaya bermain sebagai second striker di babak pertama kemudian dipindah kemudian menjadi striker utama pada babak kedua. Arsene Wenger, manajer Arsenal saat itu mengakui bakat toure tapi tidak bisa memutuskan dimana posisis terbaik ia bermain dan menggambarkan permainan bersama Barnet sebagai kemampuan rata-rata pesepakbola karena pada pertandingan itu hanya berakhir dengan skor 0-0. Namun wenger masih ingin merekrut Toure di usia 20 Tahun, kali ini kendala izin kerja menjadi alasan gagalnya Arsenal mendapatkan jasa Toure. Namun kesabaran Yaya berakhir dan ia lebih memilih klub ukraina Metalurh Donetsk dan bermain selama 1 setengah tahun.

Profil Yaya Toure - Perjalanan Karir 

Profil Yaya Toure Olympiakos

Yaya Toure direkrut Olympiakos pada tahun 2005, Ia sempat digadang-gadang sebagai "The Next Patrick Vieira". Olympiakos dibawa Toure memenangkan dua gelar yakni Liga dan Piala Yunani kala itu, Yaya juga menjadi salah satu pemain kunci untuk Olympiakos sehingga para klub besar pun kepincut dengan talentanya.

Profil Yaya Toure AS Monaco
Setelah tampil mengesankan bersama Olympiakos dan Timnas Pantai gading di piala dunia 2006, Yaya Toure bergabung bersama AS Monaco. Namun karir Yaya tak semulus itu karena hubungan yang kurang baik dengan manajer Monaco pada saat itu, Laszio Boloni. Boloni menolak memainkan Yaya Toure pada posisi favoritnya sebagai gelandang, dan tak lama kemudia Boloni pun dilengserkan dari kursi pelatih karena prestasinya yang buruk hanya berada di posisi 2 dari bawah. Laurent Banide menggantikan Boloni sebagai manajer Monaco dan Yaya Toure pun bisa berhubungan dengan baik, ia dimainkan di posisis favoritnya sehingga hasilnya cukup memuaskan Yaya membantu AS Monaco keluar dari jurang degradasi. Yaya kembali membuktikan kualitasnya sebagai gelandang kunci permainan. FC Barcelona pun berminat mendatangkannya pada 2007 dan ia pun segera menerima tawaran itu.

Profil Yaya Toure FC Barcelona
Yaya Toure bergabung bersama barcelona dengan transfer senilai 10 Juta Euro atau senilai 6,7 Juta Pounds, Ia memulai debut resminya pada tanggal 26 Agustus 2007 melawan Racing Santander. Tahun 2007, Yaya mencetak gol pertamanya untuk Barcelona pada ajang Joan Gamper Trophy melawan Inter Milan dengan skor akhir 5-0. Sementara itu Toure mencetak gol resminya yang pertama pada Liga ketika bermain melawan Athletic Bilbao tanggal 2 September 2007 dengan skor 3-1 untuk Barca. Gol pertama di Liga Champions diciptakanya pada laga melawan Schalke 04 di perempat final UCL 2007-08.

Selama awal musim 2008-09 peran Yaya pun mulai sedikit meredup dengan kehadiran Sergio Busquets, manajer saat itu Pep Guardiola lebih menyukai Busquets ketimbang Toure. Pada Final UCL 2009 Toure berperan penting untuk Barcelona, ia bermain tidak pada posisi semestinya dan dia bermain sebagai centre bek karena bek barca kala itu mendapatkan hukuman larangan bermain dan ia berhasil membawa Barcelona memenangkan Liga Champions Tahun 2009, di Roma kala itu. Walau karirnya cukup cemerlang di barca namun Yaya Toure kepincut dengan tawaran besar Manchester City kala itu dan ia kepincut dengan tawaran City tersebut.


Profil Yaya Toure Manchester City
(c) Captured Footy
Tepatnya tanggal 2 Juli 2010, Yaya menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun dengan Manchester City dengan nilai transfer 24 Juta Euro dan ia mengenakan nomor punggung 42, yang merupakan nomor kebalikanya di Barcelona kala itu bernomor punggung 24. Dengan ia bergabung bersama Manchester City Yaya Toure pun bisa bermain dengan Kakak kandungnya Kolo Toure yang pada musim sebelumnya telah didatangkan oleh City dari Arsenal. Tanggal28 Juli 2010 ia melakukan debutnya untuk The Citizens dalam pertandingan pra musim melawan Club America. Dalam debutnya di kandang City, Etihad Stadium melawan Valencia dalam laga persahabatan Yaya Toure dinobatkan sebagai Man Of The Match di Laga itu.

Profil Yaya Toure Manchester City (2010-2011)
Debut pertama Yaya Toure di Premier League terjadi saat bertemu Tottenham Hotspurs di White Hart Lane tanggal 14 Agustus. Toure mencetak gol pertamanya melawan Wigan Athletic pada tanggal 19 September, gol itu bermula dari assist Carlos Tevez. Dibawah asuhan pelatih saat itu Roberto Mancini, Toure ditempatkan di posisis gelandang bertahan. Toure juga mencetak gol brilliant kala melawan West Ham dengan kaki kirinya. Yaya juga berhasil mencetak satu-satunya gol yang membawa Manchester City merengkuh tofi Piala FA tahun 2011 dengan mengalahkan Stoke City 1-0. Total dari 51 penampilan musim 2010-2011 ia mencetak 10 Gol.

Profil Yaya Toure Manchester City (2011-2012)
Musim 2011-2012 dimulai dengan gemilang oleh Manchester City sempat beberapa kali City menguasai Tabel klasemen EPL, kegemilangan itu tak lepas dari Yaya Toure sebagai salah satu pemain kunci tim. Ia juga semakin percaya diri usai dinobatkan sebagai pemain terbaik afrika tahun 2011, penghargaan yang mengesankan pasalnya 12 penghargaan sebelumnya diberikan kepada para Striker-Striker Afrika.

Penampilan Toure sempat terganggu karena ia dipanggil memperkuat timnas pantai gading pad 5 Januari, ia melewatkan sejumlah pertandingan termasuk melawan Manchester United di Piala FA. Sekembalinya dari Piala Afrika Toure menerima perlakuan rasis ketika melawat ke markas Porto dalam lanjutan liga Europa pada Februari 2012, mengomentari hal itu yaya mengatakan "Itulah mengapa saya suka liga primer, karena kejadian itu (rasisme) tidak ada disana."

Setelah menelan kekalahan dari arsenal, peluang City untuk menjuarai liga sedikit berkurang karena defisit 8 point dari sang pemuncak Manchester United dan hanya menyisakan 6 pertandingan sisa. Namun persaignan belum selesa di 3 pertandingan selanjutnya City meraup hasil sempurna sementara Manchetser United tergelincir dan kini defisit hanya 3 point dengan sisa 3 pertandingan lagi. dan puncaknya ketika City berhasil mengalahkan Man United berkat gol Vincent Kompany, namun hasil ini tak lepas dari peran Toure yang banyak dipuji media seusai tampil dominan dan luar biasa dengan determinasinya. Gelar juara premier league pun direngkuh City usai menaklukan QPR 3-2 lewat gol penentu aguero yang membuat City memenagkan gelar liga pertamanya selama 44 tahun.

Profil Yaya Toure Manchester City (2012-2013)
Yaya memulai musim ini dengan gol pada pertandingan FA Community Shield dengan kemenangan atas Chelsea di Villa Park dan mengantarkan City menang 3-2. Gol ini kemudian menjadi pemicu semangat toure untuk mencetak gol yang kemudian diciptakanya melawan Liverpool dan QPR. Pada awal matchday Liga Champiosn Toure berperan dalam gol Dzeko ke gawang Madrid, namun hasil akhir City harus mengakui keunggulan madrid setelah Cristiano Ronaldo mencetak gol penentu kemenangan Madrid 3-2. Toure kembali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika 2012, ini adalah penghargaan keduanya ketika tahun lalu juga memenangkannya.

Setelah menjadi pemain penting Manchester City beberapa tahun ini, Toure mengikat perpanjangan kontrak pada tanggal 4 April 2013 membuatnya bakal berseragam City hingga tahun 2017, Tanggal 14 April ia dinobatkan sebagai MOTM saat City mengalahkan Chelsea di semi-final Piala FA. Namun di Liga Toure gagal membawa City meraih gealr premier league yang saat itu diraih oleh Manchester United.



Profil Yaya Toure Manchester City (2013-2014) 
di Musim 2013/2014 gol pertama Toure lahir melalui tendangan bebas saat City jumpa Newcastle United dalam laga pembuka Premier League dengan skor 4-0. Hal yang sama ia ciptakan ketika mencetak gol melalui tendangan bebas melawan Hull City, kemudian dilanjutkan dengan gol jarak jauhnya di Liga Champions melawan Viktoria Plzen September 2013 lalu. Ia juga mencetak gol ketika menng 4-1 di pertandingan Derby Manchester, melawan Manchester United dan dinobatkan sebagai Man Of  The Match.
(c) Captured Footy

Gol Yaya Toure kembali mengalir ketika melawan Wigan Athletic pada ajang Piala Liga, Tanggal 2 November Toure kembali mencatatkan namanya di papan skor usai menang 7-0 dalam laga melawan Norwich City. Manajer kala itu, Manuel Pellegrini mengatakan bahwa Toure mengalami peningkatan khususnya dalam hal teknik melakukan tendangan bebas. Dibawah asuhan Pellegrini Toure diposisikan menjadi wakil kapten, namun dia sebelumnya sempat menjadi kapten di paruh musim tanpa hadirnya Vincent Kompany. Namun 4 Desember 2013 Toure kembali menjadi korban tindakan rasis yang dilakukan oleh supporter CSKA Moskow. Yaya Toure kembali menerima penghargaan kali ini ia ditetapkan oleh BBC sebagain pemain terbaik afrika 2013.

18 April 2014 Toure dinobatkan sebagai salah satu dari 6 pemain untuk daftar PFA Player Of The Year award, dan tanggal 27 April ia masuk kesusunan tim PFA Team Of The Year. Tanggal 7 Mei ia menyamai rekor Frank Lampar dengan mencetak 20 Gol semusim. Namun 20 Mei ia dirumorkan oleh agenya bahwa Toure tidak bahagia di Manchester City karena tidak ada yang tahu hari Ulang Tahunya, Hal ini membuat Toure Marah karena tidak ada yang mengucapkan selamat ulang tahun untuknya. Agenya Dimitri Seluk h mengatakan Toure "Sangat Marah" dan bisa saja meninggalkan City, Meski di twitternya ia sempat membantah rumor itu kemudian ia men tweet "Semua yang dikatakan Dimitri benar ia berbicara bagi saya, saya akan jelaskan setelah Piala Dunia."

Profil Yaya Toure Manchester City (2014-2015)
(c) Captured Footy
November 2014, saat City bertamu di moskow melawan CSKA Moscow, Toure mencetak gol guna menipiskan kedudukan setelah sebelumnya sempat teritnggal 2-0 usai Seydou Doumbia mencetak gol untuk CSKA Moscow 2-0 dan ditipiskan oleh Toure menjadi 2-1. Namun asa City untuk menyamakan kedudukan pun sirna usai Toure diusir Wasit, ia juga tak bisa berbuat banyak setelah golnya dalam laga itu sehingga city menelan kekalahan dari CSKA, dan menempatkan mereka di posisi dasar Klasemen Grup liga Champions.

Kemudian tanggal 1 Maret 2015, Yaya untuk pertama kalinya berhadapan dengan sang kakak Kolo di pertandingan melawan Liverpool setelah Kolo masuk dimenit 83. Ini untuk pertama kalinya kedua kakak beradik itu saling berhadapan di kompetisi resmi. Sampai sejauh ini Peran Toure di City sangatlah terasa dan tak tegantikan.

Profil  Yaya Toure - Karir Internasional
Yaya Toure secara reguler selalu menjadi andalan pantai gading sejak debutnya tahun 2004 lalu. Tahun 2014 ia dijadikan sebagai Kapten usai kapten sebelumnya Didier Drogba menyatakan pensiun dari Timnas. Di tahun yang sama Toure mencatatkan 100 Caps bersama Timnas Panta Gading dalam pertandingan imbang melawan Kamerun.

Sementara itu Piala Dunia pertama Toure adalah Piala Dunia 2006 ia selalu masuk skuad dalam 3 pertandingan beruntun. Dalam Piala Dunia 2010 Yaya kembali menjadi andalan lini tengah timnas pantai gading, dan kembali ia selalu menjadi langganan starter. Toure mencetak gol pembuka ke gawang Korea Utara yang berakhir dengan skor 3-0.Dan Yaya kembali merasakan piala dunia ketiganya bersama Timnas Pantai Gading ditahun 2014 lalu dan ia menjabat sebagai kapten tim namun menelan kekalahan dari Jepang 2-1 meski begitu Toure dinobatkan sebagai Man Of The Match di laga itu oleh FIFA.

Sementara itu di Piala Afrika Toure sudah 6 kali mengikuti kejuaraan itu bersama pantai gading yakni pada tahun 2006, 2008, 2010, 2012, 2013 dan 2015. Berakhir sebagai runner up turnamen di tahun 2006 dan 2012, Pantai gading baru merasakan gelar juara pada tahun 2015, Toure 3 kali masuk sebagai 11 Pemain terbaik di ajang turnamen yakni tahun 2008, 2012 dan 2015. Tanggal 4 Februari, Toure menciptakan gol pembuka dalam laga semifinal melawan Republik Kongo yang berakhir dengan skor 3-1. Puncaknya tanggal 8 Februari Toure yang saat itu menjabat kapten tim berhasil membawa pantai gading mengalahkan Ghana dalam adu penalti dan berhasil menggondol trofi Piala Afrika 2015.

Profil Yaya Toure - Gaya Bermain 
Sebelum menjadi Bek, Yaya Toure memainkan peran sebagai gelandang box-to-box, yakni gelandang yang sering bermain defensif ketika diserang dan berbalik menjadi ofensif ketika menyerang. Yaya Toure adalah seorang gelandang yang lengkap serta serbaguna, yang bisa bermain di berbagai posisi di lini tengah. Ia termasuk salah satu gelandang terbaik Liga Primer , bahkan Dunia. kekuatan utamanya adalah passing mematikan, visi bermain, serta fisiknya yang begitu ideal.

Dia juga berbakat dengan teknik kontrol bolanya yang diatas rata-rata, ia bisa melindungi bola dari musuh. Kemampuan teklingnya juga tidak dapat diragukan lagi Toure sangat kuat ketika bertahan sama kuatnya ketika menyerang, ia terkenal dengan kecepatan, stamina dan tentunya fisik yang kuat maka dari itu ia mendapat julukan "Human Train" atau Manusia Kereta oleh berbagai pakar sepakbola. Akhir-akhir ini Toure memang lebih sering memainkan peran lebih kedepan terutama ketika melawan Newcastle musim 2011/12 dimana ia berhasil mencetak dwi gol ke gawang newcastle, dan mengantarkan City ke puncak klasemen. Ia juga sering mencetak gol dari bola-bola set piece dan bola mati.

Profil Yaya Toure - Kehidupan Pribadi 
Yaya Toure dikenal sebagai seorang Muslim yang taat, ia menolak Tradisi Sampanye yang diberikan untuk Man Of The Match Laga melawan Newcastle United sesuai ajaran islam sampanye dilarang. Setelah laga itu Liga Primer mengganti Air Mawar dan Delima untuk pengganti Sampanye yang diberikan kepada pemain muslim yang dinobatkan sebagai Man Of The Match.

Toure adalah adik dari Kolo Toure yang bermain untuk liverpool serta Kakak dari Ibrahim Toure yang meninggal pada tanggal 19 Juni 2014 karena penyakit kankernya. Oktober 2013 Toure bergabung bersama PBB dan menjadi duta Program Lingkungan PBB melawan perburuan gajah.

Profil Yaya Toure Penghargaan dan Nominasi 
Toure pernah dinominasikan dalam kategori Personality Of The Year tahun 2014 oleh MTV Music Awards Afrika. Juli 2014, Toure dinominasikan di Prize in Entertaiment di 2014 dalam ajang The Future Africa Awards.


Profl Yaya Toure - Career

CLUBFROMTOFEELEAGUEFA CUPLGE CUPOTHER
APPSGLSAPPSGLSAPPSGLSAPPSGLS
Man City02 Jul, 10£24,000,000153 (2)4515 (1)44 (1)431 (2)8
Barcelona01 Jul, 0702 Jul, 10£8,100,00066 (8)40 (0)00 (0)026 (2)1
Olympiakos01 Sep, 0531 May, 07Signed20 (0)30 (0)00 (0)06 (0)0
Metalurg D.01 Jan, 0401 Sep, 05Signed27 (7)30 (0)00 (0)00 (0)0
Beveren01 Jul, 0101 Jan, 04Signed70 (0)30 (0)00 (0)00 (0)0
Totals£32,100,000336 (17)5815 (1)44 (1)463 (4)9
Goals per Game0.160.25n/a0.13
(c) soccerbase.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
.